Senin, 08 Juni 2009

Tiga Domain Pendidikan

Pendidikan di segala jenjang pada umumnya dimaksudkan mendapatkan tiga domain dalam pembelajaran, yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif. Dalam bahasa sehari-hari dapat diterangkan menjadi: pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Pembelajaran kognitif (pengetahuan) mencakup pemerolehan informasi dan konsep. Pembelajaran ini tidak hanya berkenaan dengan pemahaman bahan ajar, tetapi juga dengan analisis dan penerapannya pada situasi baru. Pembelajaran psikomotor atau perilaku (keterampilan) mencakup pengembangan kompetensi pada kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas, memecahkan masalah, dan mengungkapkan pendapat. Pembelajaran afektif (sikap) mencakup pengkajian dan penjelasan tentang perasaaan dan preferensi (kesukaan). Siswa dilibatkan dalam menilai diri mereka sendiri dan hubungan pribadi mereka terhadap materi pelajaran.

Pembelajaran aktif atas informasi, keterampilan, dan sikap berlangsung berlangsung melalui proses penyelidikan atau proses bertanya. Siswa dikondisikan dalam sikap mencari (aktif) bukan hanya menerima (reaktif). Dengan kata lain, siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada mereka atau pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan sendiri. Mereka mengupayakan pemecahan atas permasalahan yang diajukan oleh guru. Mereka tertarik untuk mendapatkan informasi atau menguasai keterampilan guna menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka. Kemudian, mereka dihadapkan pada persoalan yang membuat mereka tergerak untuk mengkaji apa yang mereka nilai dan yakini. Semua ini terjadi apabila siswa dilibatkan dalam tugas dan kegiatan yang secara halus mendesak mereka untuk berpikir, bekerja, dan merasa.

Jenis-jenis kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran aktif dapat dilihat dari beberapa judul posting saya sebelumnya...

Referensi:
Silberman, M. L. (2006). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif (edisi revisi) (R. Muttaqien, Penerj.). Bandung: Nusamedia. (Karya asli diterbitkan tahun 1996).